dengan judul yang so pasti sangat menggoda iman dan taqwa *apa sih
oke, intinya saya sudah sukses melanggar tata krama dalam membuat judul, karna lebih dari 6 kata.

ya udah sih, kaya ada yang baca aja

semua ini dimulai dengan keinginan pacarnya teman serumah saya yang kepingin makan rawon. jadilah hari ini dia bersama pacarnya dan mbae membuat rawon, sembari saya juga nongkrong di dapur bikin masakan ngasal saya yang biasanya.

jadi, buat yang berpikir ‘WOW keren sekali si koki ngasal itu bisa bikin rawon, itu kan ribet!’, maaf mengecewakan anda semua yaaaa

tapi tenang saja, kepada para penggemar resep-ngasal ala saya, akan saya post kok resepnya setelah ini 

woke, jadi inilah bumbu dan cara bikinnya!

bumbu rawonnya :

  • bawang putih
  • bawang merah
  • ketumbar
  • kloak (jangan ditambahin ‘a’ ya dibelakangnya. pokoknya, jangan.)
  • kunyit
  • laos
  • jahe dikit
  • daun jeruk
  • sereh
  • daun salam
  • kemiri (tapi kata teman serumah saya itu yang ini lupa pake kemiri)

yg dihaluskan :

  • bawang merah dan bawang putih,
  • ketumbar
  • kloak
  • kunyit

isinya :

  • daging yg ada sandung lamurnya, biasanya di supermarket langsung di tulis daging rawon 
  • daun bawang
  • kol (kata teman saya inilah keunikan rawon ala ibunya pacarnya OR her boyfriend’s mother. oke, sepertinya lebih mudah dijelaskan dalam bahasa inggris)

dan dia menambahkan, harusnya disajikan bersama kerupuk udang, sambel terasi, telor asin dan toge kecil.

Cara Membuat :

  1. daging rawon dicuci bersih trus direbus, jangan dibuang airnya, nanti buat kuah kaldu.
  2. keluarin kloak dari cangkangnya, masukin ke air panas, dibenyek-benyek sampe jd kaya pasta item.
  3. ulek bumbu dapur : bawang merah-putih, ketumbar, kunyit, daaan jangan lupakan kemiri.
  4. hasil ulekan di campur sama pasta kloak yang tadi sudah sukses kita buat tadi.
  5. tumis hasil campuran, masukin jahe memar, daun jeruk, sereh memar, dan daun salam.
  6. hasil tumisan masukin ke air rebusan daging, trus aduk dulu sampe mendidih, masukin garam dan gula (TRIAL AND SUCCESS, terus icip sampe rasanya pas). 
  7. masukin kol dan daun bawang, tunggu sampai kol layu dan selesailah sudah!

hasil foto kali sangat memuaskan, tak lain tak bukan disebabkan oleh tanpa memakai kamera hape saya yang anda-tau-sendiri-lah-yaaa melainkan memakai hape milik pacarnya teman serumah saya.

oke. lama-lama ‘pacarnya temen serumah saya ini’ bisa jadi frase sendiri tampaknya.

dan hasilnya, SANGAT ENAK SEKALI. entah karna sayanya aja yang ga gaul karna ga pernah ngerasain rawon yang enak, pokoknya, ini rawon terenak yang pernah saya makan. ga boong deh. serius.

dan cabe rawit disana tidak mengganggu kok, selama tidak dipecahkan maka hidup saya masih terjamin, aman tentram dan damai.

dan hasil telpon-telponan dengan mama saya pas saya cerita kalo mereka masak rawon, jadilah mama saya berkhotbah kalo rawon itu sehat karna banyak rempahnya. kalo diliat dari bumbunya.. emang iya sih :D asal jangan pake vetsin dkk saja~

oke, selesailah review dari hasil kolaborasi teman serumah saya dan pacarnya, beserta koki utama, mbae :P

saatnya koki ngasal undur diri, thanks for reading and stay tuned~

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 128 other followers

