I Like Tea. And You? :D

Ingatan masa kecil yang pertama dan masih diingat termasuk saat saya pertama kali meminum teh. Pertama kali nyoba, langsung nagih dan minta ke mama buat bikinin lagi. Sayangnya saat itu mama saya tercinta sedang sibuk masak dan akhirnya saya mencoba meniru cara bikinnya tanpa tanya-tanya dulu (karna ngerasa udah hebat )

Ambil gelas, sukses. Ambil air, sukses. Ambil gula, sukses. Aduk-aduk. Coba. Beberapa saat kemudian saya berteriak ke mama saya sambil bilang (kira-kira lah) “Mamaaaaaaa rasanya aneeeehhhh ga kaya yang tadiiiii”. Mama saya cuman komentar “Tehnya mana?” setelah melihat isi gelas saya hanya air bening. Yah intinya setelah itu –daripada salah lagi- mama saya akhirnya ngebikinin teh juga, dan saya akhirnya tau gimana bikinnya 

INTINYA adalah sejak saat itu ampe detik ini saya sangat ketagihan teh. Kalo makan dimana-mana minumnya biasanya teh. Kalo ngerasa tenggorokan ga enak nyarinya teh. Kalo lagi pusing nyarinya teh. Kalo lagi mual juga tetep teh. Pokoknya teh, teh dan teh. 

Saya baru tau informasi kesehatan mengenai teh kira-kira SMP. Dan sangat syok ketika tau kalo mengkonsumsi teh sambil makan itu ga bagus. Waw. Rasanya hidup menjadi hambar *dilempar mouse*

Anyway, dibawah ini adalah pantangan yang tidak seharusnya dilakukan ketika mengkonsumsi teh, yang beberapa diantaranya sangat sering saya langgar..

  1. Jangan minum teh saat perut kosong
    Aturan ini berasal dari Tiongkok Kuno yang mengatakan bahwa mengkonsumsi teh, terutama yang terlalu panas atau terlalu dingin pada saat perut sedang kosong akan menyebabkan perubahan suhu yang drastis di organ pencernaan dan akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.
  2. Jangan minum teh yang terlalu panas
    Mengkonsumsi teh yang terlalu panas akan mengganggu fungsi lidah, tenggorokan, kerongkongan dan lambung. Konsumsi teh super panas yang berkepanjangan akan memicu kanker di tenggorokan. Suhu maksimal teh yang disarankan adalah 56 derajat celcius.
  3. Jangan minum teh yang terlalu dingin
    Sebenarnya teh memberikan manfaat yang maksimal ketika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Namun kebiasaan orang adalah menambahkan es batu ke dalam teh sehingga terasa lebih nikmat. Namun, es teh manis tidak akan memberikan manfaat yang berarti terhadap kesehatan kita. Malahan, es yang terlalu dingin akan menyebabkan batuk, flu dan demam.
  4. Jangan minum teh yang terlalu pekat
    Teh mengandung kafein dan tannin. Mengkonsumsi teh yang terlalu pekat akan memicu migrain dan insomia.
  5. Jangan menyeduh teh terlalu lama
    Ketika Anda menyeduh teh terlalu lama, maka polifenol dan zat-zat bermanfaat lainnya akan mengalami oksidasi. Memang, menyeduh teh dalam waktu yang lama akan memberi warna yang lebih pekat dan aroma yang lebih kuat. Namun manfaat teh menjadi hilang. Jadi seduhlah teh Anda dalam waktu yang secukupnya.
  6. Jangan menyeduh teh berulang kali
    Pada seduhan pertama, teh akan mengeluarkan 50-60 % zat bermanfaat. pada seduhan yang kedua, Anda akan mendapatkan 30% lagi zat bermanfaat. Namun pada seduhan ketiga dan seterusnya, teh akan mengeluarkan zat-zat yang berbahaya. Jadi, daun teh hanya boleh diseduh maksimal 2 kali. Kecuali kalau Anda anak kost, silahkan diseduh hingga 3 kali.
  7. Jangan minum teh tepat sebelum makan
    Ini nih, aturan yang paling banyak dilanggar oleh orang Indonesia. Minum teh tepat sebelum makan, akan mengencerkan air liur, hilangnya nafsu makan (soalnya sudah kenyang dengan teh), dan menghambat proses pencernaan makanan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi teh 30 menit sebelum makan.
  8. Jangan minum teh tepat setelah makan
    Bersama dengan aturan ketujuh, pantangan ini paling banyak dilanggar oleh orang Indonesia. Seperti di atas, mengkonsumsi teh dapat memperlambat proses pencernaan dan mengganggu kerja sistem pencernaan.
  9. Jangan obat dengan teh
    Teh mengandung komposisi tannin yang tinggi. Tannin dapat menimbulkan efek negatif dalam mengkonsumsi obat. Para pakar medis mengatakan bahwa teh akan menghancurkan obat.

10.  Jangan minum teh yang sudah basi
Namanya juga teh basi, zat-zat yang bermanfaat sudah menghilang. Selain itu, teh basi adalah tempat tinggal yang ideal bagi para kuman-kuman.

(sumber : http://www.jayus.us/10-pantangan-dalam-mengkonsumsi-teh/)

Yak, yang saya bold adalah yang paling sering saya langgar. Kalo lagi pergi nyarinya yang dingin, kalo bikin sendiri pasti bikin yang panas. Lengkap deh…

Dan ada juga tambahan mengenai teh susu. Suka? Ya, saya juga, sayangnya teh dan susu bukan kombinasi yang pas.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Charite Hospital, University of Berlin bahwa susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki oleh teh dalam manghambat terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti menyebutkan bahwa protein kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh, yaitu catechin, yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung Para peneliti sangat yakin dengan hasil temuan tersebut, yang juga pernah dilaporkan dalam European Heart Journal, dijelaskan bagaimana negara seperti Inggris yang memiliki kebiasaan mencampurkan teh dengan susu ternyata tidak menunjukkan penurunan angka risiko penyakit jantung dan stroke.

Teh hitam sangat bermakna meningkatkan aliran darah bila dibandingkan dengan cairan lainnya. Namun saat dicampur dengan susu, maka efek tersebut akan hilang. Uji coba juga dilakukan terhadap hewan tikus. Saat tikus tersebut diberikan teh hitam, maka produksi natrium oksidanya akan meningkat sehingga meningkatkan dilatasi pembuluh darah. Namun dengan pemberian susu, maka efek tersebut akan terhambat.

(sumber : http://www.forumkami.com/forum/wanita/20678-ternyata-teh-susu-berbahaya.html)

Jadi intinya sih kalo mau minum teh susu ya silahkan saja, tapi ya khasiatnya ga ada. Hiksssss padahal saya suka teh susuuuuu! Yang enak emang biasanya ga sehat ya.

Oke, terima kasih sudah membaca artikel keren bodoh ini, stay tuned!

Comments on: "I Like Tea. And You? :D" (2)

  1. panggil saja adi said:

    tambahan info..
    teh itu manghambat penyerapan zat besi..
    jadi untuk yg lagi anemia kurang disarankan (apalagi sebelum/setelah makan)..
    dan untuk ibu2 hamil jangan kebanyakan..😛

    ikut sedih lah buat teh susu. padahal ajib.. (-__-“)

    • wah, makasih ya tambahan infonya😀
      saya juga anemia, jadi harusnya ga boleh banyak-banyak minum teh dong? D:
      dunia makin terasa hambar.. T___T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: