oke, semua ini bermula dari kebiasaan mama saya tercinta yang senang memanfaatkan apa saja isi kulkas dan bereksperimen. dan hasilnya, tentu saja, selalu enak  *sebal* bukannya apa-apa, kalo bilang enak pasti hasilnya beliau langsung narsis deh😐

jadilah saat saya pertama kali mulai iseng masak sendiri pun, masakan yang saya bikin ya hasil kreasi asal-tapi-enak-banget karya mama saya. dan selanjutnya pun, entah kenapa saya jadi ngikut sering bereksperimen membuat masakan yang-ga-tau-dinamain-apa-tapi-enak-juga😛

NAH, tadi siang, niatnya mau bikin tumis pakcoy jamur saus tiram lagi. tapi sayangnya jumlah pakcoy yang ada ga cukup buat ampe makan malem (oke, saya ngaku, saya rakus kalo soal sayur), maka jadilah saya memasukkan wortel didalamnya😀

oke, ini resepnya!

Peralatan :

  • wajan
  • pisau
  • talenan
  • wadah buat naro-naro

Bahan :

  • 1 buah wortel impor ukuran normal
  • 3 bonggol pakcoy
  • 1 pak jamur shimeji
  • bawang putih, 2 siung raksasa dan 1 siung normal
  • setengah bagian bawang bombay raksasa
  • garam, gula, merica sesukanya
  • air
  • saus tiram seenaknya Anda😛
  • mentega buat numis
  • kalo suka, tepung maizena

Cara Membuat :

(persiapan)

  • cuci  jamur shimeji, kemudian iris bagian yang ingin Anda makan
  • cuci pakcoy SATU PERSATU. yeah, i’m very serious. saya sangat serius atas kebersihan sayur yang berbentuk daun. kalo bisa dicuci berulang kali ya ampe bersih, dicek juga aneh-aneh ato ga kondisinya. kalo aneh, buang. 
  • setelah melalui tahap seleksi yang cukup ketat atas si pakcoy, iris. jangan tipis2 amat ya, soalnya ntar mereka layu dan mengerut drastis.
  • kupas err.. intinya bersihkan kulit wortel dan potong kedua ujungnya,  dan kedua ujungnya dibuang. kemudian cuci bersih dan potong bagian yang sudah bersih sesuai selera. kalo saya sukanya kecil-kecil dan tipis-tipis.
  • kupas bawang bombay, cuci dan iris tipis. tahan air mata Anda.
  • kupas bawang putih, cuci, keprek dan iris. saya lagi males makanya ga dicincang😛

(oseng-oseng taimu~)

  1. panaskan mentega di wajan, dan setelah panas masukkan bawang putih. tumis sampai harum.
  2. masukkan bawang bombay, tumis terus sampai layu.
  3. masukkan saus tiram, dikit aja dulu. aduk rata.
  4. masukkan wortel, tumis sampai terlihat ada ‘oren-oren’ (oke, itu sebenernya beta karoten, tapi saya mengistilahkannya sebagai oren-oren). pokoknya karna saya ga gitu suka wortel yang ga mateng banget, saya terus numis ampe oren-orennya keluar banyak dan wortelnya rada layu.
  5. masukkan jamur, tumis ampe keliatan -rada- layu.
  6. masukkan pakcoy dan air. aduk2 dan biarkan airnya rada mendidih.
  7. it’s time for TRIAL AND SUCCESS! masukkan gula, garam, merica dan saus tiram sampai Anda menemukan rasa yang pas. icip aja terus sampe pas😀
  8. kalo suka (saya sih suka) yang rada mengental, cairkan 1 sdm tepung maizena dengan setengah gelas air dan tuangkan ke masakan.
  9. tunggu sampai maizena matang (kalo warna kuahnya udah balik seperti semula), dan selesai lah sudah!

dan foto diatas adalah penampakannya, dan sekali lagi, mohon maaf atas ketidakbecusan kamera hape saya.. 

and here’s some facts :

  • tadi saya sempat menyinggung beta karoten. kata mama saya yang notabene adalah seorang Insinyur Teknologi Pangan, beta karoten larut dalam minyak, jadi bisa dimengerti kenapa dia muncul pas ditumis.
  • Kadar beta karoten bisa dilihat dari warna wortel. makin oren, makin banyak. mangkanya saya suka beli wortel impor 
  • beta karoten a.k.a. oren-oren muncul makin mudah kalo potongan wortelnya makin kecil. apalagi diparut. wow, udah banyak, cepet lagi nongolnya😀

dan sebenernya, BETA KAROTEN itu apa sih? 

Zat anti oksidan sangat berguna untuk melawan zat Radikal Bebas yang berasal dari zat-zat racun. Radikal Bebas adalah awal dari penyakit,termasuk disini adalah penyakit jantung yang sangat ditakuti. Dengan adanya zat anti oksidan yang antara lain adalah Beta Karoten yang terdapat pada Kentang ,Wortel ,Peach dll ,diketahui telah dapat mengurangi sebanyak kurang lebih 40 % ,dengan hanya mengkonsumsi  50 mg  Beta karoten  setiap hari dalam menu makanannya.

(sumber : http://nusaindah.tripod.com/kesbetakaroten.htm)

oke, begitulah intinya 

gampang kan? silahkan dicoba, terima kasih telah menyimak and stay tuned~ 

PS : hasilnya enak kok :9

Comments on: "[Resep] Tumis Wortel Pakcoy Jamur Saus Tiram" (2)

  1. fadhilah nurzakiyah said:

    berbagi aja. klw aku sayurnya d rebus atw kukus bentar,biar aroma mentahnya gk larut dalam oseng.gk suka aroma mentahnya.
    bwang merah/bombay,bwg putih aku ulek.dimasukin pas pertama numis. Hasilnya enak,cuma agak buram/Ledrek (sunda) ke tampilan osengnya..gara gara tambah toge jg sih.
    biar gak ledrek gmn yah ? trms

Leave a Reply

