kali ini saya tidak menyebut diri saya koki ngasal. karena ini berdasarkan hasil tanya-tanya ke mama saya tercinta, cara masak Ayam Kecap gimana, resep dkk. saya pun mengikuti sebagian, walaupun ujung-ujungnya tetep agak ngasal-ngasal juga sih masaknya, hahahahaha

tapi sukses lho. bahkan teman serumah saya pun mengakuinya.

yah, kayanya masih kurang asin sih. yang satu ini rada susah, soalnya standar asin saya beda ama orang kebanyakan. kalo orang biasanya bilang pas, saya bilang asin.

well~ jadi inilah resepnya!

BAHAN :

  • 6 siung bawang putih
  • errr… sekitar 4 siung bawang merah
  • 4 potong ayam
  • bawang bombay. karna saya sangat demen bawang bombay, saya make 1 1/2 buah.
  • 1 buah tomat
  • seruas jahe
  • 1 batang daun bawang
  • kecap manis, sesukanya
  • saus tiram, dikiiit aja
  • garam, merica
  • sedikit air
  • mentega buat numis

BUAT RENDEMAN AYAM :

  • 2 siung bawang putih, cincang halus. kalo mau niat diulek sih.
  • garam, merica secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis

CARA MEMBUAT :

-persiapan-

  1. bersihkan ayam. bagi yang ga suka kulit kaya saya, singkirkan saja kulitnya daripada ntar bumbunya malah nempel di kulit.
  2. taruh ayam dalam wadah yang aman, bubuhkan bahan-bahan rendeman ayam, ratakan ke seluruh permukaan ayam, dan setelahnya AMANKAN di tempat yang terjamin keamanannya.
  3. kupas bawang merah-bawang putih, cuci bersih, keprek si putih lalu cincang keduanya. sisihkan.
  4. cuci bersih daun bawang lalu iris, sisihkan di tempat aman.
  5. kupas bawang bombay, lalu iris tipis. diharapkan untuk menyiapkan mental kalo mau ngiris 1 1/2 bawang bombay, tadi aja saya tersedu-sedu sekitar 3 kali. *lebay
  6. kupas jahe, lalu memarkan. atau sebutan lainnya, keprek.
  7. cuci tomat lalu cincang. jangan frustasi kalo hasilnya ga bagus, nanti juga ga bakal keliatan kok, hahahahaha *membela diri
  8. setelah tahap 2-6 selesai, si ayam yang tadi kita sisihkan di tempat aman sepertinya sudah siap. tiriskan ayam dari bumbunya lalu  goreng ayam dengan minyak panas, sampai berwarna coklat muda. tiriskan dan selamatkan di tempat yang aman.

-show time-

  1. panaskan wajan, masukkan mentega lalu tumis bawang merah dan putih sampai harum dan si bawang merahnya rada berubah warna.
  2. masukkan bawang bombay, tumis sampai layu.
  3. masukkan tomat dan jahe, tumis terus sampe tomatnya rada-rada berubah bentuk.
  4. masukkan kecap, sedikiiiit saus tiram, dan merica sesuai selera. kemudian masukkan sedikiiiitt air dan aduk terus.
  5. TRIAL AND SUCCESS. terus masukkan kecap, merica dan garam sampai anda mendapatkan rasa yang anda inginkan.
  6. masukkan ayam yang udah digoreng sebelumnya, terus aduk-aduk sampai warna ayam berubah kecoklatan, biar bumbunya meresap.
    kalo mau iseng karna bumbunya lama-lama menghilang, masukin aja air dikit terus aduk lagi. proses ini emang rada lama sih.
  7. beberapa saat setelah anda yakin kalo bumbunya sudah lumayan meresap,
    atau menurut anda udah lumayan-ngeresep-kok-ga-papa-lah,
    ato seperti saya sendiri yang udah ngerasa kayanya-ngeresep-kok-tangan-gw-udah-pegel-gini-juga ,
    masukkan daun bawang, masak terus sampai daun bawangnya agak layu, matikan api dan SELESAILAH SUDAH!😄

sepertinya kali ini kamera hape saya tidak terlalu mengecewakan

kalo mau ditambahin irisan cabe merah pas numis silakan, saya mah ogah.

dan hasilnya, buat saya sih ini ENAK BANGET. mirip ama punya mama saya lah paling engga. ternyata anak mama ini bisa masak juga lho ma!

dan kondisi saya saat ini sedang kekenyangan karna sukses nambah nasi.. ah indahnya dunia.

oke, saatnya koki (sekarang lagi ga) ngasal undur diri, thanks for reading and stay tuned~!

Comments on: "(mencoba masak) Ayam Kecap (dan sukses!)" (2)

  1. fey marchelia said:

    4 potongnya 1/2 ekor ato 1/4 ekor?
    asik penyampaian cara masak n resepnya (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: