oke, kali ini saya akan sedikit curhat sekalian membuat postingan blog yang yah, sedikit memberikan edukasi (?)

walaupun saya yakin rata-rata manusia ber-major informatika udah ngerti sih.. yah apa salahnya sih bagi-bagi ilmu?😄 kalo ada yang dirasa kurang atau salah, silahkan dikomentari saja ya, saya kan juga manusia setengah kucing

PROLOG

semua ini bermula dari kerusakan yang terjadi atas komputer saya. saya tidak akan menjelaskan kerusakannya saat ini, mengingatnya saja membuat saya ingin meneteskan air mata.

Kerusakan komputer saya -yang akan disebut Katsuki setelah ini- membuat saya merasa tidak puas dengan keadaan netbook saya, si Kazuya. padahal biasanya saya fine-fine saja dengan layarnya yang cuman 10″. yah maklum lah, lagi galau.

kemudian saya menengok ke monitornya Katsuki, dan speaker yang tak terpakai. tengok ke bawah, menjulurlah kabel yang juga serasa berteriak “Saya ingin dipergunakaaaaan”. Oke ini berlebihan.

Setelah bertanya pada seorang sahabat (‘Apa yang terjadi jika saya menyambungkan kabel monitor Katsuki ke Kazuya?’ oke, itu pertanyaan bodoh kalo saya ingat-ngat lagi). Akhirnya, setelah sukses membuat diri saya tampak bodoh,  saya memutuskan bermain-main dengan monitornya Katsuki dan Kazuya.

Biar gampang,

Katsuki’s Monitor (merknya sih Samsung) :

  • 17″
  • screen resolution  1028 x 1024

Kazuya (Acer Aspire One) :

  • 10″sekian’
  • screen resoluton 1024 x 600
  • Mobile Intel(R) 945 Espress Chipset Family (internal)

1st STEP :

Pertama-tama sekali adalah pastikan kabel monitor sudah tertancapkan dengan kuat pada pasangannya di note/netbook Anda yang sudah menyala. itu lho, yang biasa dipasangkan dengan kabelnya LCD Projector kalo lagi mau presentasi. pasti pernah kan? kalo si Kazuya letaknya ada di sebelah kiri.

Kemudian jangan lupa menyalakan monitor Anda. ini juga ga kalah penting. seriously.

setelah segala hal remeh-temeh-tapi-krusial selesai, klik kanan di desktop anda dan klik Properties.

pasti nongolnya ini deh:

nah, setelah itu, klik tab paling kanan, yaitu Settings.

selanjutnya, klik Advanced.

dan saya sudah tau nongolnya apa. pasti ini :

klik tab paling panjang dan yang terletak di belakang, sehingga muncul tampilan seperti ini :

klik Graphics Properties untuk mulai bermain.

SINGLE DISPLAY on KATSUKI’s MONITOR

ini saya lakukan pertama kali, ketika kerinduan saya pada Katsuki sudah sangat memuncak.

err oke , jadi step-stepnya adalah :

  1. di Display Devices, pilih Single Display -> Monitor
  2. di Display Settings, pilih Color Quality, Screec Resolution dan Refresh Rate yang sesuai dengan si monitor. kalo saya sih begini juga cukup😀
  3. Klik Apply dan selamat menikmati layar yang lebih luas!

EXTENDED DESKTOP with KAZUYA as PRIMARY

sebenernya sih, kalo mau bikin monitornya katsuki jadi Primary sih tinggal dituker aja.. saya lebih suka si Kazuya jadi Primary biar kalo kenapa-kenapa masih bisa diubah-ubah. oke, jadi step-stepnya adalah :

  1. di Display Devices pilih (Multiple Display) Extended Desktop -> Primary : Notebook -> Secondary : Monitor
  2. di Display Settings, saya nge-setnya begini :

  3. Klik Apply dan selesai sudah
  4. ada versi lain sih, yang ini lebih gampang sebenernya.. hampir sama kaya diatas, perhatikan saja yang dilingkari

    jadi intinya klik ke monitor (2), atur resolusi dan pilih Extend my Windows desktop onto this monitor.

dan sebenernya kalo diliat dari Display Devices, ada 1 kemungkinan lagi, yaitu DUAL DISPLAY CLONE. saya ga terlalu suka, karna ini cuman bikin tampilan di monitornya Katsuki dan Kazuya sama. pengaturannya juga disitu-situ aja kok.

oke, selesailah sudah postingan yang rada maksa ini, thanks for reading and stay tuned~!

Comments on: "Extended Desktop di Windows XP" (2)

  1. kalo di extend on to monitor,apply centangx ilang lagi gmana! Butuh pencerahan

Leave a Reply

