OKE, sebelum terjadi kesalahpahaman lebih lanjut, ini bukan saya yang masak! melainkan pacarnya temen serumah saya yang memang kehebatannya dalam memasak tidak perlu diragukan lagi. seriously. dan seperti biasanya, saya menjadi reviewer dan pencatat resep.

jadi ceritanya selama saya mengenet gejeh ga jelas di kamar, pacarnya temen serumah saya bersama temen serumah saya bersama mbae.. well, mereka bertiga membuat Sambel Goreng Ati Kentang. pas saya ke dapur pas banget udah jadi, nyicip dan rasanya enak bangeeeettttttt!! sungguh, timing saya ke dapur pas sekaliii 

ANYWAY, inilah resepnya!

Bahan :

  • 1/2 kg ati sapi
  • 3 buah kentang
  • 1 batang sereh
  • 1 cm laos, memarkan. (ato bahasa sadisnya, keprek dan pukul-pukul)
  • 2 lembar daun salam
  • 2-3 cabe merah, iris serong
  • gula jawa, garam, air sekenanya
  • 50cc santan kental
  • pete setengah papan
  • kalo berminat, bisa juga pake bumbu curang. you know what i mean..

bumbu yang dihaluskan :

  • bawang merah dan bawang putih dengan perbandingan 2: 1 (merahnya yang lebih banyak)
  • 8-10 buah cabe merah
  • 1/2 tomat

Cara Membuat :

  1. pertama-tama ati dipotong kotak 1x1cm terus direbus langsung tanpa dicuci. masukin atinya pas airnya udah mendidih ya!
  2. kan pasti ada yang ngambang-ngambang tuh, nah kotorannya diangkat, dibuang dan terus rebus sampe airnya berwarna kuning.
  3. kalo udah kuning air rebusannya, tiriskan ati, cuci pake air sampe bersih.
  4. sambil lalu.. kentang dipotong kotak-kotak, direndem di air garam sebentar.
  5. goreng si kentang sampe kering/kecoklatan, sesukanya lah
  6. ketika si kentang dan ati udah siap, tumis bumbu halus bersama daun salam, laos, dan sereh sampe wangi.
  7. masukin ati, aduk bentar.
  8. masukin santan, aduk bentar
  9. kasih air dikit, sesuka Anda.
  10. aduk terus, jangan sampe santennya pecah
  11. kalo airnya… well kuahnya udah berkurang 50% dari sebelumnya, masukin irisan pete, cabe merah serong, gula jawa, garam. aduk terus. proses icip-icip sangat diperlukan disini demi mendapatkan rasa yang ‘wah’ kalo Anda berminat masukin bumbu curang juga terserah, asal proses icip-icip tetap dipertahankan.
  12. kalo kuahnya mulai abis atau sekitar 20% dari pertama tadi, masukin kentang goreng dadu, aduk terus sampai kuahnya benar-benar habis.
  13. angkat dan siap disantap!

and here’s the picture. masih memakai kamera hape cihuy pacarnya teman serumah saya yang pasti tidak akan mengecewakan pemirsa.

oke, selamat mencoba, thanks for reading and stay tuned~!

Leave a Reply

