Hai semuanyaaa~!

Kali ini saya akan membuat postingan pertama pada kategori baru, yaitu TUTORIAL.

Ya, tutorial, tepatnya segala pengetahuan yang saya tau mengenai dunia gambar-gambar,digital coloring dan juga digital painting. Semoga membantu

Oke, postingan pertama akan dibuka dengan…. PENGETAHUAN DASAR.

Jadi, apa saja yang diperlukan untuk memulai mewarnai secara digital? Tablet? Well NO. Ini pengalaman pribadi, bahkan tanpa tablet pun Anda bisa mewarnai dengan baik, asal sabar

Oke, sebelum lanjut ke bagian berikutnya, saya curcol dulu ya. Mungkin Anda berpikiran “Ah kalo ga pake tablet pasti susah ngewarnainnya” dan berpikir :
Dia kan punya tablet, jadi ga tau rasanya orang yang ga punya ” ketika di tutorial rata-rata pasti pada bilang “Ga terlalu perlu tablet, mouse juga cukup”.
Percayalah, sebelum punya, saya juga mikir kaya gitu. Bukannya sombong, tapi setelah punya, emang sih bikin line art lebih lancar, tapi coloring saya malah jadi makin aneh kalo full pake tablet. Malahan, ngewarnain gambar pake tablet bisa 6-7 jam, pake mouse cuman 3 jam kurang dan hasilnya lebih bagus. Jadi, jangan mikir susah dulu, kalo udah kebiasaan pasti jadi lebih mudah kok. intinya jangan jadikan hambatan sebagai alasan, justru jadikan kesempatan supaya makin kreatif dengan benda-benda sekitar *sok filosofis* *ditendang*

Errr oke. Kalo saya, yang diperlukan ketika mewarnai gambar adalah ini :

  • Adobe Photoshop (saya mulai belajar mewarnai dengan versi CS2, dan sekarang make CS4/CS3 )
  • Resolusi layar yang memadai. Seenggaknya, bukan layar kecil segede layar netbook. Percayalah, ga asik banget ngewarnain pake layar netbook.
  • Mouse yang nyaman dan ga suka ‘lari-lari’ atau bahkan ngambek di tengah jalan.
  • Keyboard.
  • Posisi duduk yang aman dan senyaman mungkin, karena Anda akan bercokol di posisi tersebut selama….. beberapa jam.
  • Scanner. Numpang bentar di tempat temen juga bisa kok

Untuk software, mungkin ada yang lebih suka memakai Paint Tool SAI, tapi entah kenapa saya kurang berjodoh sama software satu ini jadi kalau anda berharap tutorial tentang ini, maaf ya..

Dan sekarang untuk awalan untuk karya tanpa menggunakan tablet, dan software menggunakan Adobe Photoshop CS3 (di CS4 juga sama aja kok, paling penempatan toolsnya aja rada beda). Termasuk di dalamnya adalah melenyapkan background dasar gambar yang cukup mengganggu.

THE TUTORIAL :

  1. Bikin sketsa gambar di kertas mana pun anda suka. Mau kertas kosong, kertas ujian, buku fisika, catetan, pokoknya dimanapun asal anda bisa men-scannya. Contoh :
  2. Setelah itu, tebalkan gambar Anda. Nah kalo yang ini saya cuman ngasih saran aja, sebaiknya jangan kelewat tipis. Prosedur berikutnya akan mengurangi ketebalan garis, jadi kalo anda full make drawing pen 0.1/0.2, sebaiknya sih.. jangan. *pengalaman pribadi*
    kalo saya akhir-akhir ini suka pake spidol snowman hitam yang mudah ditemukan di warung manapun. Hasil jadi penebalan adalah ini :
  3. Scan gambar tersebut, dan jangan sampai lupa di folder mana anda menyimpannya. serius.
  4. Oke. Buka Adobe Photoshop (selanjutnya akan disebut sotosop), dan buka gambar Anda. Seharusnya sih tampilannya begini :
  5. double-click di layer ‘Background’ untuk mengganti namanya. Kalo ga diganti, tanda kunci putih ga ilang dan kita ga bisa lanjut ke step berikutnya.
  6. ganti namanya, terserah. Biar deskriptif, saya namainnya ‘line art’.
  7. klik ‘Channels’ yang defaultnya terletak di sebelah ‘Layer’, kemudian klik button yang saya lingkarin kuning aka paling pojok kiri.
  8. pasti hasilnya gini deh :

    setelah itu, klik tombol ‘Delete’/’Del’ di keyboard anda.
  9. VOILA! Pasti jadinya gini deeh

    selamat, anda telah berhasil menghilangkan background putih yang mengganggu! Untuk melenyapkan si garis putus-putus aka garis seleksi, klik salah satu button di bawah ini (letaknya di toolbox, default terletak di paling kiri layar kerja.)
    kemudian klik kanan, ‘Deselect’.
  10. Kunci layer ‘line art’ dengan mengeklik tombol yang dilingkari merah (Lock), dan buat layer baru, drag layer / posisikan layer baru di bawah layer ‘line art’.
    Membuat layer baru bisa dengan shortcut CTRL-SHIFT-N atau dengan button yang dikotakin biru. Berikan nama yang deskriptif biar gampang. Contoh : ‘white’.

    layer baru ini gunanya untuk membuat warna putih buat background. Gimana pun juga, ngeliat chessboard itu..aneh.  untuk membuatnya, klik menu ‘Edit’ -> ‘Fill’.
    kemudian sesuaikan dengan gambar dibawah ini :
  11. VOILA! Tampilan yang cukup familiar😀

    jangan lupa kunci layer ‘white’ untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  12. Selanjutnya, untuk memberikan warna, taruh layer warna di antara layer ‘line art’ dan ‘white’.

Untuk tata cara mewarnai, tunggu post berikutnya yaa~

Thanks for reading and stay tuned~!

Daftar Istilah :

  • Tablet : maksudnya pen tablet, alat dewa yang biasa didambakan pada designer karena bisa membantu menggoreskan line art dengan lebih memukau. Namun buat saya, ngegoresin pensil mekanik di kertas sketsa masih jauh lebih menyenangkan dan mudah.
  • Layer : suatu konsep dewa dan sungguh membantu dalam pewarnaan digital. Dengan layer kita bisa menghapus warna di layer A tanpa memberikan efek pada layer B. Sungguh, pengen rasanya saya peluk erat sang pencipta layer pertama kali.

Comments on: "[TUTORIAL] #1 Digital Coloring – The Beginning : Removing Background" (29)

  1. nice.. terusin cing^^
    mana tau cara lo lebih gampang.. pengalaman gw bikin chara full color makan waktu seharian :(( langsung kapokk!

    • tutorial berikutnya ‘Selection’ kok, dan pake teknik ini kalo udah kebiasaan sih bisa ngewarnain gambar gw yang profpic itu cuman 3 jam kurang😛
      ditunggu saja yaa~ XDD

  2. Mahdiyana Dwi Putri said:

    sa-saya baru tau step 7-11. ternyata gitu toh.
    makasih kak cingu!! (-.-)/

  3. yahhhh,, envii. pengen bisa gambar kayak situ..
    master banget keliatannya😀
    salam kenal..

  4. Waaah..
    Terima kasih yaa (; 3😉
    postingannya bagus sekali~
    Arigatou gozaimasu😀

  5. Makasih ya udah dikasih tau. Sangat membantu!^^

  6. Mau tanya, kalau gambarnya udah di scan sm udah masuk ke komputer, cara menghapus sisa-sisa goresan tapi hasilnya ngga mengubah warna backgroundnya(ga jadi puti tp transparan) gimana ya?

    • err saya agak bingung sama deskripsinya, itu maksudnya backgroundnya mau dipertahanin tapi ada yg mau diapus?
      coba pake tool selection macem lasso tool ato polygonal lasso tool di bagian yg ingin diapus setelah backgroundnya diilangin pake cara diatas?
      *masih agak bingung*
      maaf ya kalo tidak banyak membantu

  7. waktu itu pernah mau ngapus sedikit goresan, pas hapus pake eraser tool hasilnya background yg dihapus tadi jadi warna putih. Bingung mau pake magic eraser tool apa yang lain supaya ga ngubah warna backgroundnya. *maaf kalau buat bingung*XD

    • kalo kasusnya begitu.. cukup seleksi mepet area yg pengen diapus, jangan ampe kena background yg ga pengen diapus.. trus klik tombol delete/del
      saran, seleksinya pake polygonal lasso tool aja, lebih manusiawi kalo pake mouse

  8. waahh.. keren! trims buat infonyaa..:D ditunggu lanjutannya…

  9. Lanjutannya mana ? pengen buru-buru ngewarnain nih😀 btw thanks ya kakak tutor photoshopnya :)))

  10. waaaaaaaaah.. membantu sekali, tadinya ane mau cari tutorial cara gunain SAI paint tool. dan salah satu tab yang ane buka isinya “jual pen tablet murah”.
    liat postingan ini jadi sadar. dan kembali ke sotosop..:D

  11. alhamdulillah akhirnya ada tutorial bahasa saya! makasih atas kemurahan hatimu membuat ini yaa… dimana saya bisa dapetin lanjitan tutorial ini yaa? ^^;

    • errr sori, penulis tutorialnya (aka saya) belom melanjutkannya lagi..
      mohon dimaklumi dan dimaafkan

      • kenapa gak dilanjutin? Q_Q kan nanggung banget. .minimal sampai pewarnaan line artnya dunk… saya gak ngerti soalnya lllorz

        onegai shimasu TAT

      • errr masih agak sibuk ehehehee bikin beginian perlu waktu sih..

        kalo lineart bisa sih diwarnain tanpa perlu pake mouse, tp hasil scannya harus bener2 bersih dan itu agak susah dan hasilnya pun ga terlalu bagus
        saran sih, kalo mau lineart berwarna mending dari awal aja dibikinnya begitu…

        dan saya masih agak sibuk untuk beberapa bulan ke depan, jadi mohon maaf ya..

  12. terimakasih infonya sangat berguna sekali, terutama yang hobi drawing jadi lebih berwarna🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: